Subscribe Us

Peringati Harkopnas ke 76, DEKOPINDA Kabupaten Pemalang Gelar Pemalang Ekspo 2023


Pemalang - Rangkaian Peringatan Hari Koperasi ( Harkopnas ) yang ke-76 tahun 2023 di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, diselenggarakan dengan menggelar Ekspo UMKM yang diikuti oleh berbagai pihak terkait. Kegiatan berlangsung selama tiga hari, yakni tanggal 21 hingga 23 Juli 2023, di Alun-alun kota Pemalang. Dalam ekspo ini diikuti oleh UMKM, BUMD, Bank Jateng, Bang Mandiri Honda Astra, PMI, Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK), dan Disdukcapil Kabupaten Pemalang yang turut berpartisipasi juga, ada layanan Kesehatan seperti cek gula darah, asam urat, Kolesterol dan tensi serta donor darah dan ada layanan Adminduk juga dari Disdukcapil.

Ketua Panitia Harkopnas, Sujarwo, yang juga menjabat sebagai Sekretaris Koperasi Pamungkas dan Pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Pemalang, mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan produk-produk unggulan UMKM agar omzet penjualannya dapat meningkat.


Sujarwo menyampaikan bahwa salah satu kendala yang dihadapi dalam kegiatan Ekspo UMKM ini adalah masih terbatasnya pemahaman UMKM tentang makna dari ekspo itu sendiri. Oleh karena itu, acara ini berfungsi sebagai sarana edukasi bagi pelaku UMKM untuk memahami manfaat dan tujuan dari ekspo dalam memperkenalkan produk-produk mereka ke pasar yang lebih luas.

" Dengan diadakannya kegiatan Ekspo UMKM ini, diharapkan produk-produk UMKM di Kabupaten Pemalang semakin dikenal oleh masyarakat setempat, dan bahkan secara lebih luas lagi, oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Hal ini diharapkan akan berdampak positif bagi UMKM dalam meningkatkan pangsa pasar dan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah," kata Sujarwo ( Kamis 20/07/2023 ).

Selain itu, Ekspo UMKM ini juga menjadi kesempatan bagi pihak-pihak terkait seperti BUMD, Bank Jateng, dan Bang Mandiri Honda Astra untuk berkolaborasi dengan UMKM, sehingga mampu memberikan dukungan dan bantuan yang lebih besar bagi para pelaku usaha kecil menengah dalam mengembangkan usaha mereka.

" Semoga dengan diadakannya Ekspo UMKM dalam rangka Peringatan Hari Koperasi yang ke-76 tahun 2023 di Kabupaten Pemalang ini menjadi momentum yang positif bagi perkembangan UMKM di daerah tersebut, serta memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat dan perekonomian secara keseluruhan ," pungkas Sujarwo yang juga Kepala Bapeda Kabupaten Pemalang.  ( Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar