Subscribe Us

Terkait Jalan Rabat Beton Retak, Kades Bodeh Lakukan Klarifikasi


Pemalang - Desa Bodeh, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, menjadi sorotan media online setelah jalan rabat beton yang baru dibangun dengan anggaran dana desa sebesar Rp200 juta mengalami retak dalam waktu singkat.

Kepala Desa Bodeh, Akhmad Subehi, langsung mengambil tindakan dengan memperbaiki jalan tersebut dan memberikan klarifikasi pada hari Minggu (9/07/2023). "Saat ini saya berada di jalan Desa Bodeh yang menghubungkan Kecamatan Bodeh dengan Kecamatan Ampelgading. Jalan ini viral karena mengalami retak. Saya ingin menjelaskan bahwa jalan ini kami bangun dengan menggunakan rabat beton K224 dan dana desa sebesar 200 juta," ungkap Kades Bodeh.

Kades Bodeh menjelaskan bahwa kondisi tanah di sekitar jalan agak labil karena berdekatan dengan sungai layangan. Ditambah lagi dengan kendaraan-kendaraan yang melebihi kapasitas, jalan ini mengalami kerusakan terutama di ujung jalan yang merupakan tikungan dan tanjakan. "Jalan ini sempat viral karena keretakan yang terjadi. Di lokasi ini, jalan memiliki tanjakan dan tikungan, sehingga beban kendaraan semakin berat. Ditambah lagi, struktur tanah di sekitar jalan juga cukup labil. Namun, kami sudah melakukan perbaikan jalan karena kami bertanggung jawab sebagai pemerintahan desa Bodeh," tambah Akhmad Subehi.



Dalam kesempatan tersebut, Akhmad Subehi juga menyampaikan rencana ke depan untuk menjaga keawetan jalan di Desa Bodeh dengan melibatkan partisipasi masyarakat setempat. "Pemerintah Desa Bodeh akan berdiskusi dengan masyarakat untuk mencari solusi agar jalan ini bisa awet. Apakah perlu dilakukan perbaikan atau tidak, kita akan berdiskusi dengan masyarakat sekitar," tutupnya.

Ketua Simongklang Kecamatan Bodeh, Kustoni, yang juga Kepala Desa Babakan memberikan komentarnya terkait kejadian ini. Ia mengatakan, "Keretakan pada jalan rabat beton di Desa Bodeh disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain struktur tanah yang masih labil, medan jalan yang berbelok dan beranjak, serta penggunaan jalan desa oleh kendaraan berat seperti truk, meskipun betonnya belum cukup matang. Kades Bodeh sudah berkoordinasi dengan Tim Pelaksana Kegiatan Desa dan sudah dilakukan pemeliharaan serta perbaikan jalan yang retak," ujar Kustoni. (Joko Longkeyang)

Posting Komentar

0 Komentar