Subscribe Us

Pasar Randudongkal Mangkrak, Inilah Jawaban DPRD Pemalang



Beritaharianpemalang.blogspot.com - Belasan warga Kecamatan Randudongkal yang menamakan diri Laskar Randudongkal Senin, 18 November 2019 melakukan auden ke DPRD Pemalang.

Mereka ditemui langsung oleh ketua DPRD Pemalang dan Komisi B.
Ketua DPRD Pemalang Agus Sukoco, SE, dalam audensi tersebut mengatakan, Dewan sudah dua kali ketemu dengan para pedagang pasar Randudongkal, juga dengan kontraktor, dan Pemda Pemalang, karena pasar Randudongkal itu ada kegiatan yang berkaitan dengan masalah sosial artinya ada pedagangan yng dirugikan waktu dan waktu disepakati tahun 2019 pasar Randudongkal clear n clear dan pemda sudah mempersiapkan anggaran 15 M dan akhir 2019 pemborong siap untuk menyelesaikan.

baca juga :
https://www.beritaharianpemalang.com/pasar-randudongkal-mangkrak-laskar-randudongkal-keluarkan-pernyataan-sikap-di-depan-dprd-pemalang/

Namun faktanya pemborong selama tujuh bulan mandeg tidak ada aktifitas sehingga melalui tahapan sangsi peringatan 1, 2, 3, diterapkan sampai pada finalnya diblacklist.

Agus Sukoco juga menambahkan, atas kejadian tersebut Dewan menyarankan agar dilelalng ulang secara independen, sehingga dilelang di Undip ini tidak ada motifasi apa- apa hanya ingin pembangunan berjalan lancar dewan juga yidak ada intervensi dan pada hari ini ada penandatangan kontrak dengan pemenang tender selanjutnya dan dewan akan mengawal terus supaya tidak mandeg lagi dan dilapangan juga kami juga meminta masyarakat untuk ikut mengawasi termasuk rekan-rekan dari laskar randudongkal harus.

Mengenai pembangunan pasar Randudongkal sampai mangkrak Ketua DPRD Pemalang juga menegaskan tidak ada faktor kesengajaan, "Ini tidak ada unsur kesengajaan sebab kamarin pemborongnya mencalonkan diri menjadi calon anggotab DPR RI, begitu sudah ditetapkan menjadi calon malah pekerjaan terbengkalai padahal dana sudah kami siapkan dan kami sangat menyangkan, oleh karena itu sangat tepat sekali ketika Laskar Randudongkal pada hari ini Senin, 18 Nobember 2019 menanyakan langsung dewan karena salah satu fungsi dewan adalah pengawasan bersama masyarakat dan kami sangat menyukai ketika afa permasalahan apapun silahkan masyarakat Pemalang datang ke Dewan karena pada hakekatnya dewan adalah pesuruh rakyat ",imbuh Agus Sukoco.

Hal tersebut juga ditekankan oleh Fahmi Hakim ketua komisi B, "Kami sudah menekankan langsung kepada dinas terkait karena kondisi bangunan saat ini setelah kami cek dilapang sangat mwmprihatinkan maka pemenang tender saat ini harus bisa menyelesaikan karena kalau tidak bisa terjadi konflik sosial", kata Fahmi Hakim.

baca juga :
https://www.beritaharianpemalang.com/ketua-dprd-pemalang-menyaksikan-penandatanganan-kontrak-pemenang-tender-rehab-pasar-randudongkal/


Terkait dengan pengawasan, Fahmi Hakim juga meminta agar dinas terkait harus lebih terbuka dalam rangka menyebarkan informasinya jasa konstruksinya dari perencanaan sampai finishing lebih terbuka sesuai dengan UU no 2 tahun 2011 tentang jasa kontruksi dan masyarakat berhak tahu tentang speck yang ada agar terjadi pengawasan yang berimbang sesuai dengan dokumen yang ada.

Ditempat yang sama, Kepala Diskoperindag Hepy Priyanto mengatakan terkait pembangunan pasar Randudongkal kontraktor telah melakukan wan prestasi dalam pelaksanaan dan berimbas kepada masalah, sehingga dinas melakukan pemutusan kontrak terhadap pelaksana dan rekanan sudah kami tangting agar 2019 selesai namun pada kemyataannya putus kontrak dan selanjutnya tidak bisa mngikuti kegiatan lagi.
"Pada awalnya ada informasi bahwa pelkasanaan selanjutnya bisa dilakukan oleh pemenang keduanya namun setelah berkonsultasi dengan ahli hukum ternyata sangat bereskko dam kami melakukan proses lelang.di Undip dan pada hari ini kita melakukan penanda tangan kontrak, kita memang meminta kepada kkntrkator agar proses pekerjaan ini benar2 efektif. Dan pada tahun 2020. Dinas berterima kasih kepada laskar randudongkal. Karena sudah beraudensi sehingga tahu permasalahan dan dikesempatan yang baik kami akan melibatkan pengawasan masyarakat dan sangat membutuhan sekali pengawasan terhadap jalan pembangunan pengawasn pasar randudongkal sehingga nanti progres pembangunan pasar randudongkal sesuai dengan waktu yangnsudah direncanakan.

( Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar