Subscribe Us

Beralih Status Menjadi Desa Mandiri, Pemdes Cikadu Gelontorkan DD Tahap 2023 Ratusan Juta.


Pemalang - Desa Cikadu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, telah resmi beralih status menjadi Desa Mandiri setelah Pemerintah Desa tersebut lolos dalam penilaian Indeks Desa Membangun ( IDM ) sesuai dengan Standar Operasional Prosedur ( SOP ) pengukuran status perkembangan desa Mandiri.

Baca juga:

https://harianpemalangnews.blogspot.com/2023/07/pemdes-medayu-gelontorkan-ratusan-juta.html

Kepala Desa Cikadu H. Rukun ketika diwawancarai di Kantornya pada Rabu (27/07/2023 ) mengatakan " Dengan penilaian Indeks Desa Membangun ( IDM ) sesuai dengan Standar Operasional Prosedur ( SOP ) pengukuran status perkembangan desa IDM Alhamdulillah Desa Cikadu beralih status menjadi Desa Mandiri yang akan diberlakukan pada tahun 2025 ," kata H. Rukun.


Dalam kesempatan H. Rukun juga menyampaikan Dana Desa ( DD ) sebesar Rp 470 juta tahap satu tahun 2023 telah dialokasikan untuk pembangunan beberapa proyek yang strategis di wilayah tersebut.

" Penggunaan Dana Desa Cikadu tahap satu tersebut difokuskan pada beberapa proyek, di antaranya adalah pembangunan Talud di RT 04/RW 01 untuk mengatasi masalah erosi dan kestabilan tanah. Selain itu, juga dilakukan pengaspalan jalan di Igir Merak, serta pembangunan rabat beton di RT 01/RW 01 dan RT 17/RW 03 guna meningkatkan infrastruktur jalan di desa tersebut ," imbuhnya.


H. Rukun juga memiliki harapan besar untuk terus memajukan Desa Cikadu ke depannya. Salah satu prioritas utama adalah membangun kembali Balai Desa yang sudah kurang layak sebagai pusat pelayanan dan pertemuan warga. Selain itu, mereka juga berencana untuk memperbaiki kondisi jalan menuju Kadus Tembelang Kali Lingseng untuk memfasilitasi aksesibilitas bagi masyarakat setempat.

" Proyek-proyek pembangunan tersebut adalah upaya Pemerintah Desa Cikadu berkomitmen untuk terus meningkatkan kesejahteraan dan pelayanan kepada warganya serta mendorong perkembangan dan kemajuan yang berkelanjutan bagi masyarakat desa. Semoga status Desa Mandiri dapat memberikan dampak positif bagi seluruh warga dan menginspirasi desa-desa lainnya untuk mencapai kesuksesan yang sama dalam pembangunan dan kemajuan wilayahnya ," pungkas H. Rukun. ( Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar