Subscribe Us

Peringati HUT Pemalang Ke :445, Warungpring Gelar Festival Budaya Bangkuncung 2020



Beritaharianpemalang.blogspot.com - Hari jadi Kabupaten Pemalang yang jatuh pada tanggal 24 Januari setiap tahunnya kini sebagian masyarakat Kabupaten Pemalang dengan antusiasnya masih memperingatinya walaupun sudah melewati bulan Januari.

Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah adalah salah satu kecamatan yang pada Minggu (16/02/2020) menggelar acara puncak HUT Pemalang 2020 dengan menggelar Festival Budaya Bangkuncung yang merupakan ankronim dari di terBang Kencer , kUNtulan dan CalUNG.

"Festifal Bangkuncung kami gelar mulai Rabu (12 /02 /2020 ) dan puncaknya pada hari Minggu (16/02/2020 ) dan kami tempatkan di lapangan Desa Cibuyur , Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang, Festival budaya Bangkuncung 2020 kami gelar dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Pemalang yang ke : 445 sekaligus menggali potensi masyarakat Kecamatan Warungpring yang akan kami tampilkan pada hari ini berupa potensi seni budaya yang dikolaborasikan dengan potensi hasil alam, yang berupa seni Bangkuncung alias terbang, kencer, kuntulan dan calung,"kata Camat Warungpring Sugiato S.IP.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Warungpring juga menyampaikan hasil budi bumi unggulan dari Kecamatan Warungring berupa durian dan makanan olahan sambal petai, nasi jagung dan produk lainnya lainnya yang langsungb dipamerkan di stand masing-masing desa.
"Harapan kami sebagai masyarakat Kecamatan Warungpring, makanan khas dari daerah kami bisa menjadi viral , sehingga Kecamatan Warungpring dapat dikenal dengan potensi yang ada, dan kami juga berharap festival budaya ini dapat menjadi acara rutin yang di selenggarakan di Kecamatan Wrungpring," pungkas camat Warungpring.

Gelaran festival Budaya Bangkuncung yang digelar untuk pertama kalinya ini dihadiri oleh Ketua TPKK Kabupaten Pemalang Hj. Irna Setiyowati Junaedi SE., beserta Forkopimda Kabupaten Pemalang, Forkopimcam Warungpring, Kades se Kecamatan Warungpring , PKK se Kecamatan Warungpring, perangkat desa se Kecamatan Warungpring, tokoh agama , tokoh masyarakat, tokoh pemuda.

Terkait dengan Festifal Budaya Bangkuncung, Bupati Pemalang DR. H. Junaedi, SH., MM dalam sambutannyanyang dibacakan sekda Kabupaten Pemalang DR Ir. Mohammad Arifin M., Si menyampaikan, atas nama pemerintah Kabupaten Pemalang sangat mengapresiasi kepada masyarakat Kecamatan Wrungpring , yang telah berpartisipasi dalam acara festival bangkuncung festival ini sangat semarak dan bisa kita lihat dengan adanya antusias masyarakat yang begitu tinggi untuk menikmati acara tersebut," kata Sekda M Arifin.

Masih kata Bupati dalam sambutannya, Festival Budaya Bangkuncung tahun 2020 merupakan campuran yang baik bagi budaya maupun pariwisata Kabupaten Pemalang semoga budaya seterusnya berlangsung dengan meriah di masa-masa yang akan datang apalagi Festival budaya Bangkuncung adalah sebuah festival yang memiliki tujuan untuk melestarikan budaya masyarakat Kabupaten Pemalang, festival ini terinspirasi dari Kesenian kuntulan yang merupakan gabungan pencak silat dan rebana di Kabupaten Pemalang.

"Acara ini bisa digunakan untuk ajang promosi budaya dan pariwisata di Kecamatan Warungpring dan kepada panitia dan masyarakat Kecamatan Warungpring khususnya, hendaknya untuk tidak merasa puas, teruslah untuk berinovasi untuk meningkatkan gairah dan kemeriahan festival Bangkuncung di tahun-tahun yang akan datang ,"pungkas sekda Kabupaten Pemalang . ( Arni Agustina/ Jok)

Posting Komentar

0 Komentar