Subscribe Us

Mahasiswa KKN Di Desa Medayu Adakan Pelatihan Pengolahan Hasil Pertanian dan Marketing Class

Pemalang - Para ibu warga Desa Medayu, Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, antusias mengikuti kegiatan pelatihan pengolahan hasil pertanian dan marketing class yang digawangi oleh para Mahasiswa yang sedang Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) di Desa tersebut dan kegiatan berlangsung pada Sabtu-minggu, 29-30 Juli 2023, dengan mengambil tempat di Balai Desa Medayu.


" Kegiatan ini bertujuan untuk membantu para ibu warga Desa Medayu dalam mengoptimalkan hasil pertanian berupa pisang dan talas. Saat ini, hasil tani tersebut belum diolah secara optimal dan masih dijual dalam bentuk mentah. Melalui pelatihan pengolahan hasil pertanian, diharapkan ibu-ibu dapat menghasilkan produk makanan berupa nugget talas dan nugget pisang dengan nilai jual yang lebih tinggi ,"kata Khaerul Amir salah seorang Mahasiswa tersebut.

Lebih lanjut dikatakan olehnya jadwal kegiatan dimulai pada Sabtu, 29 Juli 2023, para peserta mengikuti pelatihan pengolahan hasil pertanian untuk menciptakan produk makanan dari pisang dan talas. Selanjutnya, pada hari Minggu, 30 Juli 2023, dilanjutkan dengan kegiatan marketing class. 


" Para peserta mendapatkan edukasi tentang pemasaran online agar dapat mempromosikan produk yang telah mereka buat pada hari Sabtu ," imbuhnya.

Para pemateri dalam marketing class adalah para ahli di bidangnya. Khaerul Amir, mahasiswa jurusan Prodi Manajemen, Universitas Muhammadiyah Purwokerto, membawakan materi tentang Branding dan jaringan kerja sama UMKM. Zamroni dari Prodi Manajemen Universitas Muhammadiyah Purwokerto, memberikan materi tentang Legalitas Produk. Kirei Suci Baekhaqi dari Prodi Ekonomi Syariah UIN Abdurrahman Wahid (Gusdur) Pekalongan, menyampaikan materi tentang digital marketing. Sailirriqi dari Prodi Ekonomi Syariah UIN Gusdur Pekalongan, membahas materi E-Commerce (Shopee). Terakhir, Nelsen Septa Henidar dari Prodi Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Purwokerto, membawakan materi E-Commerce (Tokopedia).


Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi warga Desa Medayu dalam meningkatkan pengolahan hasil pertanian dan kemampuan pemasaran produk secara online. ( Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar