Subscribe Us

Festival Wong Gunung Setelah Tiga Tahun Vakum Akibat Pandemi Covid-19"


Pemalang - Setelah mengalami vakum selama tiga tahun akibat Pandemi Covid-19, Festival Wong Gunung (FWG) yang merupakan acara tahunan di Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah kembali digelar dan Plt. Bupati Mansur Hidayat secara resmi membuka festival ini pada Kamis, 21 September 2023, dan direncanakan akan berlangsung hingga 23 September 2023.

Dalam sambutannya, Plt. Bupati Mansur Hidayat mengungkapkan bahwa FWG adalah salah satu event nasional dan telah menjadi bagian dari event Jawa Tengah. Ia berharap festival ini dapat terus berlangsung dan memberikan manfaat bagi ekonomi Kecamatan Pulosari.


"Festival ini memberikan dorongan ekonomi bagi Kecamatan Pulosari melalui penjualan produk-produk khas Pemalang seperti makanan tradisional dan kuliner khas daerah," kata Mansur.

Hal yang sama disampaikan oleh ketua panitia penyelenggara, " Festival Wong Gunung, selain menjadi acara tahunan, juga menjadi wadah promosi wisata, kuliner, dan budaya unggulan yang dimiliki oleh desa-desa di Kecamatan Pulosari dan festival ini adalah ungkapan rasa syukur dan doa kepada Allah SWT, dengan harapan agar Allah SWT memberikan kesejahteraan, terutama dalam suplai air bersih, bagi Kecamatan Pulosari ," kata Muhibin .


Adapun rangkaian kegiatan FWG 2023 mencakup pameran produk unggulan UMKM, prosesi pengambilan air kehidupan (ruwat banyu panguripan), kirab Agung banyu panguripan, pasrahan, gelar budaya wong gunung, dan harmoni wong gunung. Semua kegiatan ini akan berlangsung mulai tanggal 21 hingga 23 September 2023.

Usai pembukaan resmi, Plt. Bupati Mansur Hidayat beserta rombongan turut mengunjungi berbagai stand yang memajang produk-produk unggulan dalam festival tersebut. FWG tahun ini menjadi momentum penting dalam memulihkan semangat dan ekonomi masyarakat setelah masa vakum yang panjang akibat pandemi. ( Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar