Subscribe Us

Mendapat Gelar Dari Kraton, Inilah Nama Bupati Pemalang KRAT Hidayat Sosronagor


Suratkarta - Bupati Pemalang H. Mansur Hidayat ,S.T., dan Ketua TP PKK Shanti Rosalia menerima penghargaan budaya “Gelar Ningrat Kehormatan” dari Pakubuwono XIII Raden Mas Suryo Partono. Seremoni penghargaan diadakan di Keraton Surakarta, Sabtu (2/3/2024) malam bersamaan dengan pemberian gelar ningrat lainnya.


Mansur Hidayat mendapatkan gelar kehormatan Kanjeng Raden Aryo Tumenggung (KRAT) dengan pangkat Bupati Riya Inggil. Adapun gelar dan nama lengkapnya menjadi Kanjeng Raden Aryo Tumenggung Mansur Hidayat Sosronagoro. Sedangkan Ketua TP PKK Shanti Rosalia mendapatkan gelar kehormatan Kanjeng Mas Tumenggung (KMT) dengan pangkat Bupati Sepuh. Gelar dan nama lengkapnya menjadi Kanjeng Mas Tumenggung Shanti Rosalia Chandraningtyas.



Gelar ningrat kehormatan ini diberikan sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan atas karya dan pelestarian budaya yang dilakukan oleh Bupati Pemalang dan Ketua TP PKK. Keduanya dinilai oleh Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta Hadiningrat sebagai tokoh atau pemimpin yang mampu berkarya dan melestarikan budaya, serta menjaga keberagaman dalam bingkai NKRI.


Dalam kesempatan tersebut Bupati Pemalang mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan oleh Pakubuwono XIII. Ia mengatakan bahwa gelar ningrat ini bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga untuk masyarakat Pemalang yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam berbagai program pembangunan dan pelestarian budaya.

“Kami merasa terhormat dan bangga mendapatkan gelar ningrat ini. Ini adalah suatu kehormatan yang luar biasa bagi kami dan masyarakat Pemalang. Kami berharap gelar ningrat ini dapat menjadi motivasi bagi kami untuk terus bekerja dan berbuat yang terbaik untuk Pemalang dan Indonesia,” ujar Bupati Pemalang.


Hal yang sama disampaikan oleh Ketua TP PKK juga menyampaikan rasa syukur dan apresiasi atas penghargaan yang diterimanya. Ia mengatakan bahwa gelar ningrat ini merupakan suatu anugerah yang harus dijaga dan dipertanggungjawabkan dengan baik.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih atas gelar ningrat ini. Ini adalah suatu anugerah yang harus kami jaga dan pertanggungjawabkan dengan baik. Kami akan terus berusaha untuk memberikan kontribusi positif bagi pembangunan dan pelestarian budaya di Pemalang dan Indonesia,” kata Ketua TP PKK.


Pemberian gelar ningrat kehormatan ini merupakan bagian dari tradisi dan budaya Keraton Surakarta yang telah berlangsung sejak lama. Gelar ningrat kehormatan ini diberikan kepada tokoh atau pemimpin yang dianggap memiliki kualitas dan prestasi yang luar biasa dalam bidangnya, serta memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi terhadap bangsa dan negara.**( Joko Longkeyang )




Posting Komentar

0 Komentar