Subscribe Us

Puasa Dan Covid - 19


Oleh : Isro Abdillah
Ketua: Ketua Persatuan Pengusaha Muslim Pemalang (  PPMP )
Beritaharianpemalang.com - Untuk melawan virus yang perlu diperhatikan adalah daya tahan tubuh.

Menurut perkiraan dengan sifat virus Corona yang sangat menular, maka sudah bisa dipastikan mayoritas sudah terpapar virus ini, hanya bagi orang dengan daya imun Tubuh yang kuat maka tidak akan menunjukkan gejala ini.

Maka menjaga daya tahan tubuh adalah satu- satunya cara yang mudah untuk menghindari efek negatif dari Covid-19

"Nah berpuasa Ramadhon bisa meningkatkan data tahan tubuh,"

Banyak pendapat yang menyebut, puasa memberikan pengaruh baik bagi tubuh manusia. Salah satunya terkait dengan daya tahan tubuh atau sistem imun.

Beberapa peneliti di University of Southern California tertarik mempelajari kaitan antara puasa dan daya tahan tubuh. Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa rasa lapar memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru yang melawan infeksi.

Para peneliti menyebut puasa sebagai "pembalik sakelar regeneratif" yang mendorong sel induk menciptakan sel darah putih baru. Penciptaan sel darah putih baru inilah yang mendasari regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh.

"Ini memberi tanda 'OK' bagi sel induk untuk terus maju dan berkembang biak membangun kembali seluruh sistem," ungkap Profesor Valter Longo dikutip dari Telegraph, Kamis (05/06/2014).
"Kabar baiknya adalah tubuh menyingkirkan bagian-bagian dari sistem yang mungkin rusak, tua, atau tidak efisien selama puasa," sambungnya.

Gaya berpuasa yang berkelanjutan memaksa tubuh menggunakan cadangan glukosa dan lemak.

Demikian semoga bermanfaat

Posting Komentar

0 Komentar