Subscribe Us

Pemdes Bojongnangka Menggelar Peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan Untuk Rebranding Posyandu

Pemalang - Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang, Jawa Tengah menggelar acara peningkatan Kapasitas Kader Kesehatan dengan tema "Dalam Orientasi Rebranding Posyandu" pada Rabu (21/6/2023) bertempat di Aula lantai dua Balai Desa Bojongnangka. Acara ini diikuti oleh sekitar 40 kader, yaitu kader posyandu, kader ibu hamil, kader remaja, kader lansia, dan kader posbindu. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dan didanai dari Dana Desa (DD) tahap I tahun anggaran 2023.

Ketua panitia penyelenggara, Zimamudin yang juga perangkat Desa Bojongnangka mengatakan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk mendorong peningkatan kesadaran dan keterlibatan aktif masyarakat dalam menjaga kesehatan mereka sendiri dan orang-orang di sekitar mereka. Para peserta terlihat antusias mengikuti setiap materi yang diberikan dan diharapkan keterlibatan kader-kader posyandu yang terlatih dan berpengetahuan luas dapat membantu menurunkan angka kesakitan dan kematian masyarakat serta meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan warga Desa Bojongnangka.


Kepala Desa Bojongnangka, Wahmu S.E, juga mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah membentuk kader-kader posyandu di Desa Bojongnangka yang dapat menguasai pengetahuan yang bagus terkait kesehatan, termasuk program PLKB. Oleh karena itu, narasumber dari Puskesmas Kebondalem dan PLKB Kabupaten Pemalang juga turut hadir dalam kegiatan pelatihan ini. Setelah mengikuti kegiatan ini, kader-kader posyandu diharapkan dapat meningkatkan pelaporan mereka, termasuk melalui penggunaan HP Android, untuk melaporkan secara terus-menerus ke Dinas Kesehatan, Puskesmas, atau dinas sosial yang terhubung dengan PLKB.


Wahmu juga menambahkan bahwa pemerintah Desa Bojongnangka saat ini sudah memiliki kader-kader yang berpengalaman dan memiliki peran penting dalam membantu peningkatan kesehatan masyarakat di tingkat desa. Dia berharap ke depannya, kader-kader posyandu di Desa Bojongnangka dapat menjadi lebih profesional dan dapat membantu dalam membangun kesehatan masyarakat. ( Joko Longkeyang)

Posting Komentar

0 Komentar