Subscribe Us

Mahasiswa Undip KKN Di Desa Pasir Ajarkan Literasi Medsos Kepada Rema Untuk Cegah Penggunaan Berlebihan


Pemalang - Sebuah inisiatif untuk meningkatkan literasi digital dan mengontrol penggunaan media sosial pada anak remaja di Desa Pasir mendapat dukungan dari Debora Oktaria Lubis, seorang mahasiswa dari Universitas Diponegoro (Undip) jurusan Teknik Komputer yang sedang mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Pasir, Kecamatan Bodeh, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

" Kami berupaya memberikan pemahaman tentang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta mengatasi penggunaan berlebihan media sosial untuk remaja Di Desa Pasir yang berasal dari MT’s Darul Istiqomah, kami mengungkapkan bahwa masih ada minimnya pemahaman tentang ilmu pengetahuan dan teknologi di kalangan anak remaja di daerah tersebut," ungkap Debora Oktaria Lubis .

Dia juga menyoroti penggunaan media sosial yang tidak terkendali dan cenderung melampaui batasan usia, yang berdampak pada penyalahgunaan waktu dan mengganggu aktivitas penting seperti belajar, beribadah, dan interaksi sosial.


Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Desa Pasir,  minggu ke-3 Bulan Juli 2023 ini mengusung program metode sosialisasi dengan memperkenalkan konsep metaverse (dunia digital) melalui video dari perusahaan meta. Selain itu, anak-anak remaja Desa Pasir diajak untuk menggunakan media sosial dengan bijak.

Dalam kesempatan tersebut tidak kurang ada 16 remaja berpartisipasi aktif, ini menjadi bukti kesadaran mereka akan pentingnya pemahaman tentang dunia digital. Debora dan tim KKN Undip juga menciptakan poster dan booklet sebagai panduan bagi remaja Desa Pasir dan Posyandu Remaja Desa Pasir dalam mengembangkan literasi digital mereka. Dengan upaya ini, diharapkan bahwa generasi muda Desa Pasir akan lebih siap menghadapi tantangan dunia digital yang semakin berkembang. (Joko Longkeyang)

Posting Komentar

0 Komentar