Subscribe Us

Wisata Religi Makam Mbah Citra Di Promosikan Oleh Mahasiswa KKN Di Desa Pasir Ke Dunia Digital


Pemalang  - Universitas Diponegoro, melalui salah satu mahasiswi Ekonomi bernama Anggie Neva Deliza, yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata ( KKN) di Desa Pasir menggelar kegiatan inovatif dengan tujuan mempromosikan potensi wisata Desa Pasir ke dunia digital. 

Kegiatan yang bertajuk "Promosi Wisata Desa Pasir ke Dunia Digital: Wisata Religi Makam Mbah Citra" tersebut mengambil peran penting dalam upaya memajukan perekonomian masyarakat setempat.

Mbah Munawar, yang juga merupakan juru kunci makam Mbah Citra, terlibat aktif dalam kegiatan ini. Ia sadar bahwa wisata di Desa Pasir, terutama wisata religi, belum sepenuhnya tergali dengan optimal. Keterbatasan promosi menjadi faktor utama yang menghambat potensi wisata tersebut.

" Kegiatan  dilaksanakan pada Minggu, 23 Juli 2023 saat acara Haul Mbah Citra ke-6 di Makam Mbah Citra, Dukuh Lesung, Desa Pasir, mengundang perhatian masyarakat sekitar. Acara rutin tahunan ini dihadiri oleh para penganut berbagai keyakinan untuk mengenang jasa Mbah Citra sebagai pendiri Desa Pasir dan pada acara tersebut saya menyampaikan modul "Promosi Wisata Desa Pasir Ke Dunia Digital" kepada Pak Munawar," kata Anggie Neva Deliza .


Dikatakan olehnya, Modul tersebut berisi strategi pemasaran melalui media sosial yang dapat digunakan oleh pengunjung Makam Mbah Citra dan Jumat, 28 Juli 2023, di rumah mbah Munawar, modul tersebut disosialisasikan kepada para pemangku kepentingan lokal. Hal ini diharapkan akan mendorong partisipasi mereka dalam mempromosikan Makam Mbah Citra dan menggaet lebih banyak pengunjung melalui media sosial.

" Sebagai langkah awal, kegiatan ini telah melakukan publikasi melalui media sosial pribadi seperti Google Maps dan Facebook, menjadikan informasi tentang acara Haul Mbah Citra ke-6 dengan mudah diakses oleh masyarakat luas. Upaya ini diharapkan dapat meningkatkan minat wisatawan untuk mengunjungi Makam Mbah Citra dan pada gilirannya, memberikan dampak positif terhadap perekonomian masyarakat Desa Pasir ," imbuh Anggie Neva Deliza .

Dengan adanya inisiatif dari Anggie Neva Deliza dan dukungan mbah Munawar, langkah kecil ini diharapkan membawa perubahan besar dalam memajukan wisata religi di Desa Pasir. Potensi wisata yang besar akhirnya mendapat cahaya terang melalui promosi di dunia digital, menunjukkan kekuatan kolaborasi antara akademisi dan masyarakat dalam mengembangkan pariwisata lokal.( Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar