Subscribe Us

Si Jago Merah Mengamuk Di TPA Pesalakan, BPBD Kabupaten Pemalang Bergerak Cepat Suplai Puluhan Tangki Air


Pemalang - Si jago merah mengamuk pada Sabtu, 2 September 2023, sekira pukul 12.30 WIB, di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pesalakan, Desa Pegongsoran, Kecamatan/Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Kebakaran menghanguskan sebagian area TPA ini, dan sumber api belum dapat dipastikan. Kemungkinan api berasal dari pembakaran sampah di sebelah barat TPA atau bahkan dari sampah bekas korek api yang meledak.

" Bapak Tasbun, seorang petugas TPA Pesalakan, adalah orang pertama yang melaporkan kebakaran kepada Dinas Penanggulangan Kebakaran (Damkar). Laporan kemudian diteruskan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang.


" Minggu, pukul 13.00 WIB, Satpol PP mengerahkan tiga unit mobil pemadam kebakaran (Damkar), dan BPBD menyuplai air sebanyak 40 tangki, namun hingga pukul 03.30 WIB.  upaya pemadaman belum sepenuhnya berhasil ," Kata Wahadi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pemalang.

Wahadi SE., M.Si, juga menjelaskan kendala yang dihadapi pada kasus kebakaran TPA Pesalakan diperparah oleh cuaca panas dan angin kencang, yang membuat api merambat dengan cepat. Akses terbatas bagi alat berat untuk masuk ke tumpukan sampah, terutama yang didominasi oleh plastik, semakin mempersulit upaya pemadaman. Asap tebal pun menyelimuti sekitar.


Terkait hal tersebut Wahadi mengingatkan pentingnya sarana dan prasarana yang memadai untuk pemadaman kebakaran semacam ini. Dia juga menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang untuk mengambil tindakan pencegahan terhadap dampak kesehatan masyarakat akibat kebakaran ini. Semua instansi terkait diminta untuk meningkatkan proaktifitas dalam menangani situasi darurat ini.

Masyarakat setempat juga berharap hujan segera turun, membantu memadamkan kobaran api di TPA Pesalakan, sehingga kebakaran ini dapat segera teratasi. Kami akan terus memberikan informasi terkini sehubungan dengan perkembangan kejadian ini. ( Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar