Subscribe Us

Jamasan Pusaka Kabupaten Pemalang Tahun 2023, Menjaga Warisan Leluhur


Pemalang - Melestarikan budaya leluhur menjadi fokus utama Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat. Ia mengajak warganya untuk terus merawat dan menghargai peninggalan sejarah yang dimiliki Kabupaten Pemalang. Hal itu terlihat dalam rangkaian kegiatan Jamasan Kereta Kencana dan Benda Pusaka di Rumah Dinas Bupati pada Sabtu, 29 Juli 2023.

Baca juga : 

https://harianpemalangnews.blogspot.com/2023/07/tingkatkan-kesucian-peninggalan-budaya.html

Dalam sambutannya, Mansur menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini sangat penting untuk menghormati dan melestarikan nilai luhur serta sejarah yang dimiliki. Menurutnya, benda pusaka dan peninggalan sejarah yang masih terawat bisa diwariskan untuk generasi selanjutnya.


Lebih lanjut, ia berterima kasih kepada masyarakat yang sudah melakukan kegiatan-kegiatan budaya seperti ruwat bumi, baritan, dan sedekah bumi. Ia mengungkapkan bahwa menguri-uri budaya menjadi penting agar tidak kehilangan kebudayaan dan sejarah leluhur.



Dalam laporan yang dibacakan oleh Sekretaris Dindikbud Basuki, diketahui bahwa kegiatan jamasan bertujuan untuk merawat dan melestarikan budaya jawa sekaligus merawat benda warisan leluhur Kabupaten Pemalang. Rangkaian kegiatan jamasan dilaksanakan selama dua hari dengan geber wayang dan boyong kereta pada hari sebelumnya, dilanjutkan dengan prosesi jamasan pada hari tersebut.

Acara diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Plt. Bupati Pemalang Mansur Hidayat yang kemudian diberikan kepada Ketua DPRD Pemalang Tatang Kirana dan Sekda Pemalang Moh. Sidik sebagai simbol atas keharmonisan dan kebersamaan dalam melestarikan budaya leluhur.( ** )

Posting Komentar

0 Komentar