Subscribe Us

Tingkatkan Kesucian Peninggalan Budaya, Kabupaten Pemalang Kembali Gelar Jamasan Benda Pusaka Tahun 2023.


Pemalang -  Pemerintah Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah kembali menggelar kegiatan jamasan benda pusaka pada tahun 2023. Kegiatan ini menjadi momentum penting dalam meningkatkan kesucian peninggalan budaya para generasi pendahulu.

Baca juga : 

https://harianpemalangnews.blogspot.com/2023/07/jamasan-pusaka-kabupaten-pemalang-tahun.html


Sebagai rangkaian dari kegiatan jamasan benda pusaka, pada  Jumat (28/7/2023) dilakukan acara beber wayang dan boyong kereta kencana dari eks rumah dinas Wakil Bupati menuju rumah dinas Bupati. Acara tersebut dihadiri oleh Dr. Drs. Supa’at, M.Pd, selaku Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadin Dindikbud) Kabupaten Pemalang, Kabid Kebudayaan Aji Suwarso S.Pd. MPd serta sejumlah tokoh masyarakat lainnya.

Supa’at dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan jamasan benda pusaka bukan hanya sekadar pembersihan benda pusaka, melainkan juga pembersihan diri manusia. "Yang dijamas (disucikan) ya bendanya, ya juga orangnya," ujar Supa’at.

Lebih lanjut disampaikan olehnya besok pada Sabtu (29/7/2023), kegiatan jamasan benda pusaka akan dilanjutkan dengan prosesi penjamasan benda pusaka dan kereta kencana yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Pemalang. Dalam prosesi penjamasan tersebut, seluruh benda pusaka akan dimandikan,  disucikan, dibersihkan, dirawat, dan dipelihara sebelum kemudian kembali disimpan dengan baik-baik.



" Harapannya, kegiatan jamasan benda pusaka ini dapat membawa keberkahan serta kelancaran bagi Kabupaten Pemalang dalam melayani masyarakat serta membangun daerahnya menjadi kabupaten yang adil, makmur, agamis, dan ngangeni ," pungkas Dr. Drs. Supa'at. ( Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar