Subscribe Us

Desa Surajaya Gelar Sedekah Bumi Secara Marathon


Pemalang - Desa Surajaya di Kecamatan Pemalang, Jawa Tengah, menyelenggarakan kegiatan sedekah bumi secara marathon. " Kegiatan ini merupakan perwujudan rasa syukur atas nikmat dan karunia yang diberikan oleh Allah SWT ," kata Kepala Desa Surajaya, Wasno, menjelaskan.

Lebih lanjut Wasno mengatakan sedekah bumi juga diartikan sebagai sarana memanjatkan doa, agar selalu diberi keselamatan dan dijauhkan dari bencana. 


" Ada empat dukuh di Desa Surajaya, yaitu Dukuh Surajaya, Dukuh Slarang, Dukuh Si Ali-Ali, dan Dukuh Kemang Mang, yang mengadakan kegiatan sedekah bumi secara marathon. Dukuh Surajaya menyelenggarakan sedekah bumi Pada hari Rabu, 2 Agustus 2023 dengan agenda Sedekah Bumi pada pagi hari, Ba'da Dhuhur pagelaran wayang Ruwat Bumi dengan dalang Ki Wahyudin yang akan dilanjutkan pada malam hari ," imbuh Wasno ( Rabu, 2 /07/ 2023 ).

Sedekah bumi tahun 2023 diadakan di tengah - tengah pemukiman warga dan pada tahun sebelumnya diadakan di lokalisasi Wisata Pangeran Surajaya (Wippas), pelaksanaannya kali ini diadakan di gedung posyandu serba guna di pemukiman warga karena atas permintaan warga. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Desa Surajaya dan panitia sedekah bumi, Ki Samudra. 


Dia juga mengatakan Persiapan acara ini memakan waktu 4 bulan, penyelenggaraan sedekah bumi tahun 2023 ini, anggaran pelaksanaannya bersumber dari swadaya dukuh Surajaya dan yang membawa ambeng cukup satu sedangkan untuk brekat masing - masing lima sementara iuran warga dalam uang adalah suka rela. Setelah acara selesai, berkat rata-rata yang dihasilkan dibagikan kembali ke warga yang berhasil diberi doa. Sedekah bumi ini khusus untuk warga Dukuh Surajaya. ( Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar