Subscribe Us

KKN Di Desa Medayu Mahasiswa UMP Berikan Penyuluhan dan Screening Kesehatan Kepada Masyarakat

Pemalang - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) yang sedang melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) memberikan penyuluhan kesehatan dan screening kesehatan kepada penduduk Desa Medayu di Kecamatan Watukumpul, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah pada Minggu (20/08/2023).

Elma Widyaningsih, salah satu mahasiswa yang tengah menjalankan KKN di Desa Medayu, mengungkapkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan kesehatan yang dihadapi oleh masyarakat di sana, seperti masalah stunting pada anak-anak, tingginya kasus hipertensi, serta kurangnya pengetahuan mengenai teknik dasar resusitasi jantung dan paru-paru. Tujuan lain dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat Desa Medayu.


" Kegiatan tersebut berlangsung pada hari Minggu, 20 Agustus 2023, di Balai Desa Medayu dimulai dengan penyuluhan mengenai masalah stunting, di mana kelompok mahasiswa menyajikan informasi dengan menggunakan puding stunting yang telah diproduksi oleh mereka dan memberikan sosialisasi tentang cara pembuatan puding tersebut serta manfaatnya dalam mengatasi masalah stunting ," jelas Elma.

Selanjutnya, mahasiswa lainnya, seperti Arina Izzatun, memberikan penyuluhan mengenai pencegahan hipertensi. Selain itu, mereka memberikan pelatihan mengenai teknik dasar resusitasi jantung dan paru-paru. Kegiatan ini dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan, di mana tekanan darah, gula darah, dan asam urat penduduk Desa Medayu diperiksa untuk mendapatkan informasi mengenai kesehatan mereka.

 " Dengan adanya kegiatan penyuluhan dan screening kesehatan ini, diharapkan bahwa masyarakat Desa Medayu akan memiliki pengetahuan yang lebih baik tentang kesehatan dan mampu mengatasi masalah-masalah kesehatan yang mereka hadapi. Upaya ini merupakan bagian dari kontribusi mahasiswa UMP dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah tersebut" pungkas Arina Izzatun. (Joko Longkeyang)

Posting Komentar

0 Komentar