Subscribe Us

Sedekah Bumi, Desa Tundagan Sebagai Rasa Syukur Kepada Allah SWT


Pemalang - Masyarakat Desa Tundagan Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang Jawa Tengah dengan berbagai macam kustum dengan penuh semangat dan tidak mengurangi ke hidmatan berjalan dengan diiringi sholawat dengan membawa Gunungan hasil yang berisi hasil bumi dimulai dari depan Balai Desa Tundagan menuju ke lapangan desa tersebut pada Sabtu ( 19/08/2022 ).

Kepala Desa Tundagan Humam mengatakan," Gunungan adalah simbolisasi dari gunung atau sejumlah bahan makanan yang diatur sedemikian rupa di atas sebuah keranjang besar. Gunungan melambangkan keberlimpahan hasil bumi yang diberikan oleh Allah SWT dan sebagai tanda syukur warga Desa Tundagan atas rezeki yang melimpah kepada-Nya. Hasil bumi seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan objek lainnya ditempatkan di atas gunungan sebagai simbol kekayaan hasil bumi. Prosesi Gunungan kemudian diarak dengan berjalan kaki dari depan Balai Desa Tundagan ke Lapangan oleh dengan diiringi sholawat ," kata Kades Tundagan.



Lebih lanjut dikatakan olehnya ruwat Bumi yang kami laksanakan pada tahun 2023 ini juga dalam rangka memeriahkan rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 78," Dimulai dengan Istighosah dan Wungon, lomba - lomba masyarakat Desa Tundagan, ruwat bumi dan arak - arakan hasil bumi yang nantinya akan diperebutkan oleh warga dan Pagelaran Wayang Kulit," imbuhnya.

Ada lima Gunungan yang diarak keliling oleh warga hal tersebut sesuai dengan jumlah RW yang berada di Desa Tundagan dan ruwat Bumi tahun 2023 diikuti oleh 

Mahasiswa UMP dan Mahasiswa UIN Gusdur, Tokoh Masyarakat ( Tomas ), Tokoh Pemuda ( Toda ), Tokoh Agama ( Toga ), Perangkat Desa, organisasi Kemasyarakatan ( ormas ) serta masyarakat Desa Tundagan.( Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar