Subscribe Us

Melalui FWG, Plt. Bupati Pemalang Ajak Masyarakat Tumbuh Kembangkan Perekonomian Rakyat.


Pemalang - Plt. Bupati Pemalang, H. Mansur Hidayat, ST mengajak masyarakat Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah untuk terus menumbuh dan mengembangkan potensi wisata, kuliner, seni budaya lokal, teknologi, serta perekonomian rakyat melalui kegiatan Festival Wong Gunung (FWG) Tahun 2023. 

Hal tersebut disampaikan saat Plt. Bupati Pemalang H.Mansur Hidayat ST dan Ketua TP. PKK, Shanti Rosalia, dengan didampingi sekda Kabupaten Pemalang Heriyanto S.Pd. M.Si dan Pejabat OPD terkait menghadiri acara FWG, yaitu Pinasrahan Agung Banyu Panguripan, Kirab Agung Banyu Panguripan, dan Manunggaling Banyu Panguripan di Lapangan Desa Pulosari pada Sabtu (23/9/2023).


" Selain menjadi ungkapan syukur atas adanya air bersih sebagai sumber kehidupan masyarakat Pulosari, FWG juga menjadi sarana untuk merawat lingkungan dan memberdayakan masyarakat dan Perlu saya ingatkan bahwa air harus dijaga agar tetap terjaga kelangsungannya ," tegas Mansur Hidayat.

Mansur juga memberikan apresiasi kepada panitia dan warga masyarakat Pulosari yang telah sukses menyelenggarakan FWG dengan baik, tertib, dan kondusif. Ia berharap capaian ini bisa menjadi motivasi untuk merancang event seni budaya ke depan dengan lebih kreatif dan inovatif lagi, terutama dalam merencanakan FWG yang lebih besar dan lebih baik lagi. 

" Keberhasilan itu tidak boleh membuat panitia dan masyarakat Kecamatan Pulosari cepat puas kedepan harus terus berinovasi agar bisa bersaing di sektor pariwisata yang semakin kompetitif ," tegasnya.

Dari run down yang dibuat oleh panitia diketahui FWG Tahun 2023 di Kecamatan Pulosari diawali dengan : Pamundutan Banyu Tuk Pitu  7 ( tujuh) mata air lereng Gunung Slamet Desa Jurangmangu, Ruwat Agung Banyu Panguripan di Desa Jurangmangu, Gelar Budaya Wong Gunung di Lapangan Desa Pulosari, Kirab Agung Banyu Panguripan di Desa Pulosari, dengan diiringi oleh 7 ( tujuh ) pedekar, 12 ( dua belas) gadis cantik, 12 satria pembawa obor, 12 kepala desa beserta istri, serta masyarakat kecamatan Pulosari yang membawa gunungan hasil bumi menuju lapangan Desa Pulosari dan dilanjutkan dengan prosesi Manunggaling Banyu Panguripan dan prosesi Pinasrahan Agung Banyu Panguripan kepada Mansur sebagai Plt. Bupati Pemalang selanjutnya diserahkan kepada para Kepala Desa dan dilanjutkan dengan Grebeg Gunungan Hasil Bumi. ( Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar