Subscribe Us

DPRD Kabupaten Pemalang Gelar Rapat Paripurna Bahas Perubahan APBD Tahun Anggaran 2023



Pemalang - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah menggelar rapat paripurna dengan agenda pandangan umum fraksi terhadap Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pemalang Tahun Anggaran 2023 di Ruang Rapat Paripurna DPRD setempat pada Selasa, 22 Agustus 2023. Plt Bupati Pemalang Mansur Hidayat turut hadir dalam rapat tersebut.

Ketua DPRD Kabupaten Pemalang Tatang Kirana memimpin rapat, yang dihadiri oleh enam fraksi yaitu Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Fraksi Gerindra, Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar), Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), dan Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).


Dalam pandangan umumnya, Fraksi PKS menyampaikan perihal proyeksi penambahan Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada perubahan APBD 2023, serta pentingnya pemetaan basis data untuk optimalisasi pajak dan retribusi daerah. Fraksi Gerindra memperhatikan adanya ketergantungan dana transfer dari pemerintah pusat yang besar, sehingga diharapkan ada formula pengimbangan dengan peningkatan PAD. Fraksi Golkar membahas tentang kenaikan dana transfer DAK, DAU, dan bagi hasil Dana Desa, serta perluasan pangsa pasar pada Badan Usaha Milik Daerah untuk meningkatkan PAD.

Fraksi PPP menyinggung kesiapan pemerintah daerah dalam menghadapi penyelenggaraan Pemilu tahun 2024, sementara Fraksi PKB menanyakan perihal PAD dalam APBD Induk dan target pemasangan tapping box. Terakhir, Fraksi PDIP membahas alokasi anggaran untuk infrastruktur dan pencapaian visi misi serta program prioritas daerah di tahun 2023.

Setelah semua fraksi menyampaikan pandangan umumnya, rapat paripurna ditutup oleh Ketua DPRD Kabupaten Pemalang Tatang Kirana. ( **/Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar