Subscribe Us

Serahkan Bantuan Alsintan, Plt. Bupati Pemalang Harapkan Bisa Tingkatkan Produktivitas Hasil Pertanian


Pemalang - Plt. Bupati Pemalang, Mansur Hidayat, mengungkapkan harapannya bahwa bantuan alat mesin pertanian (alsintan) akan membawa peningkatan signifikan dalam produktivitas hasil pertanian di Kabupaten Pemalang. Hal tersebut disampaikan dalam seremoni penyerahan bantuan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura yang diselenggarakan di Aula Dinas Pertanian, Kabupaten Pemalang Jawa Tengah ( Selasa, 5/09/2023 ). Mansur Hidayat juga menyatakan keyakinannya bahwa alsintan dapat mengurangi biaya operasional pertanian dan pada gilirannya memberikan kesejahteraan kepada masyarakat.


Dalam hal perawatan Mansur Hidayat juga menyoroti pentingnya perawatan alsintan, " pemiliknya perlu mendapatkan pelatihan tentang cara merawat dan mengoperasikan alat-alat ini, karena dengan perawatan yang baik, alsintan akan memiliki umur yang lebih panjang ," ungkapnya.

Selain itu, Plt. Bupati Pemalang ini juga memberikan saran kepada petani untuk menggunakan biosaka atau pupuk organik sebagai alternatif pupuk kimia. Ia menegaskan pentingnya inovasi dalam pertanian dan menjauh dari ketergantungan pada pupuk kimia ," Pupuk organik, selain lebih ekonomis, juga mendukung kesehatan tanah dan memiliki sumber bahan baku yang melimpah di sekitar lingkungan pertanian ," imbuh Mansur Hidayat.


Perlu diketahui bantuan Alsintan ini diberikan kepada 63 Kelompok Tani di Kabupaten Pemalang, dengan alokasi yang mencakup 30 unit Pompa Air, 14 unit Cultivator (Traktor Kecil), 7 unit Corn Sheller (Pemilipil Jagung Roda 2), 8 unit Corn Sheller Mobile (Pemipil Jagung Roda Tiga), dan 4 unit Appo Mobile (Alat Pencacah Pupuk Organik Roda 3). Semua ini diharapkan dapat mendorong peningkatan produktivitas dan kesejahteraan dalam sektor pertanian lokal. ( **/ Joko Longkeyang )

Posting Komentar

0 Komentar