Subscribe Us

Mahasiswa ITB Adias di Pemalang Mendapatkan Pembekalan dan Penerjunan untuk KKU


Pemalang - Pada Sabtu (17/06/2023), puluhan mahasiswa dari ITB Adias Pemalang, yang terletak di jalan Sindoro Mulyoharjo Kabupaten Pemalang, mengikuti pembekalan dan penerjunan untuk Kuliah Kerja Usaha (KKU) bagi mahasiswa Program Studi S1 Management dan S1 Akutansi. Acara ini diadakan di aula kampus ITB Adias Pemalang.

Tema dari pembekalan dan penerjunan ini adalah "Tumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Mahasiswa dengan Mengedukasi UMKM Mengembangkan Inovasi dan Digitalisasi Menuju Masyarakat Mandiri." Beberapa narasumber penting dalam acara ini adalah Kepala Badan Perencanaan Daerah (Bapeda), Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan, Dinas Kesehatan Kabupaten Pemalang, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pemalang.


Dalam sambutannya, rektor ITB Adias, H. Noor Rosyadi, menjelaskan bahwa 79 mahasiswa dari Prodi S1 Management dan S1 Akutansi ITB Adias Pemalang akan ditempatkan di 40 pelaku UMKM di Kabupaten Pemalang. Setiap kelas UMKM akan diikuti oleh 4 mahasiswa dan 1 dosen sebagai pendamping di lapangan (DPL).

Salah satu narasumber, Sujarwo, yang merupakan Kepala Bapeda Kabupaten Pemalang, memberikan apresiasi atas pelaksanaan KKU ini oleh ITB Adias. Ia menjelaskan bahwa pembekalan ini sangat penting sebagai dasar pengetahuan bagi mahasiswa dalam menghadapi tingkat kesulitan yang belum pernah mereka alami sebelumnya. Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap indeks pembangunan manusia (IPM) di Kabupaten Pemalang, khususnya dalam pertumbuhan dan perkembangan UMKM.


Selain itu, Kepala Bapeda juga menyoroti masalah darurat sampah yang sedang dihadapi oleh Kabupaten Pemalang saat ini. Ia berharap para mahasiswa ITB Adias yang akan melaksanakan KKU dapat menginisiasi kesadaran dalam masyarakat mengenai pentingnya mengatasi masalah sampah. Salah satu upaya konkret yang disarankan adalah dengan menerapkan konsep "Sampahku Selesai Di Rumah", yakni dengan melubangi tanah di pekarangan masing-masing untuk memisahkan sampah organik dan non-organik. Hal ini diharapkan dapat mengurangi jumlah sampah di lingkungan dan mendukung prinsip keberlanjutan lingkungan.

Pada akhir acara, peserta KKU dari ITB Adias di Pemalang diberikan pengetahuan dan arahan yang berguna untuk melaksanakan tugas mereka sebagai bagian dari UMKM di Kabupaten Pemalang. Diharapkan bahwa melalui KKU ini, mahasiswa ITB Adias dapat memberikan kontribusi yang positif bagi perkembangan UMKM serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. (Joko Longkeyang)

Posting Komentar

0 Komentar